Sabtu, 7 September 2024

Edukasikan Hak Anak FAD Kecamatan Margahayu Gelar Nyakseni di Desa Marteng

11 Juli 2024 05:00

lNNews.com, Bandung – Sejumlah 120 anak-anak warga Desa Margahayu Tengah (Marteng) mengikuti kegiatan Nyakseni (nyaksian sinema jeung seni) yang diadakan Forum Anak Daerah (FAD) Kecamatan Margahayu, di Aula Desa Margahayu, Kecamatan Margahayu, Kabupaten Bandung, Kamis (11/7/2024).

Kepala Desa Margahayu Tengah, Asep Zenal Mahmud menyambut baik kegiatan tersebut karena selain mengisi kegitan anak di hari. libur, juga sekaligus mengedukasi anak-anak terhadap hak-hak anak.

“Saya menyambut baik kegiatan ini, untuk mengisi hali libur dari pada melakukan kegiatan yang kurang bermanfaat,” kata Asep Zenal di sela kegiatan.

Menurut Asep Zenal, kegitan ini yang kedua kalinya, setelah seminggu sebelumnya dilakukan kegiatan yang sama dengan jumlah anak yang sama.

Fasilitator FAD Kecamatan Margahayu Raka Veriana Putra mengatakan, kegiatan Nyakseni ini merupakan tur FAD ke Desa Margahayu Tengah untuk mengisi liburan anak-anak dari usia 4- 13 tahun (TK-SMP kelas 1 ).

“Kegiatan Nyakseni fokusnya nonton film, dengan selingan menonton kesenian seperti tari, ingle flashmobe bareng anak-anak dan ngadongeng dengan peragaan boneka tangan, menyosialisasikan hak-hak anak supaya mudah diterima,” kata Raka.

Raka menyebut, FAD mempunyai peran sebagai 2P, pelopor dan pelapor. “Jadi kita mempelopori kegian anak juga melaporkan isu-isu anak setiap tahunnya. Kita ada Dafa Award dan penyusunan data anak nasional. Jadi, nantinya hak-hak anak, suara-suara anak, isu-isu anak kita diskusikan, terus kita kirim ke tingkat yang lebih tinggi yang akan menjadi petimbangan nasional untuk insfrastruktur pembanguman Indonesia ini,” terangnya.

Raka mengaku, antusias anak-anak sangat baik sejak berdiri FAD tahun kelima. “Anak-anak yang mendaftar begitupun orang tuanya sangat bersemangat termasuk di Desa Marteng Ini. Untuk mengumpulkan 120 anak tidak sampai 1 hari. Beberapa jam open pendaftaran langsung full,” katanya.

Setiap tahun, lanjut Raka mengadakan kegiatan besar, dan mengundang anak-anak sekecamatan dengan target 1000 orang. Pembentukan FAD dari tingkat desa, di Margahayu ini Desa Marteng menjadi percontohan. Anggota FAD, kata Raka dari usia 13 sampai 18 tahun.

“Karena katagori usia anak itu dari 0 sampai 18 tahun. Nah, yang bisa direkrut untuk anggota FAD itu mulai usia 13 tahun,” kata Raka.***Sopandi

Berita Terkait

Komentar