Rabu, 12 Juni 2024

Karena Dukungan Bupati Sangat Kuat RDTR Kabupaten Bandung Tercepat

21 Maret 2024 01:48

Infonusantaranews.com, Bandung – Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Kabupaten Bandung tercepat dan terbanyak, sehiingga dihanjar penghargaan sebagai Kabupaten/Kota dengan capaian RDTR tercepat dan terbanyak se-Indonesia oeleh Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) September 2023 lalu.

Kepala. Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Bandung, Dr. Ir. H. Zeis Zultaqawa, S.T., M.M melalui Kabid Tata Ruang DPUTR Kabupaten Bandung Deni Gunawan, ST., M.M mengatakan, cepatnya RDTR diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan investasi di daerah tersebut.

Deni Gunawan, menyebutkan, dari 31 kecamatan, 1 kawasan strategis yang sudah disahkan sampai tahun 2024. 7 RDTR. “Dengan luasan, 7 RDTR itu kan 1 Bojongsoang, yang ke 2 RDTR Tegalluar, 3 RDTR Baleendah, yang ke 4 RDTR Kawasan Soreang Terpadu meliputi 5 kecamatan, yang teeakhir RDTR Nagreg dan Cicakengka,” katanya di ruang kerjanya, Rabu (20/3/2024).

Deni Gunawan menjelaskan,. umtuk tahun pihaknya sedang mengajukan 6 RDTR dijadikan Persub, ditargetkan maksimal akhir tahun jadi RDTR 6 lagi. “Kemudian tahun ini juga sedang menyusun 6 RDTR lagi dengan 9 kecamatan, kita prinsip tahun 2025 semua penyususunan RDTR selesai,” katanya.

Menurut Deni Gunawan, 31 kecamatan, di tahun 2025 ditargetkan 16 kecamatan sudah tayang di Distar. “Jadi kita menargetkan tahun 2025 itu beres penyusunan semua RDTR, dan tahun 2027 semua tayang di Diistar,” ujarnya.

Semua ini, kata Gunawan perlu startegi dan kebijaian. Baik dari segi lebijakan fiskal maupun kebijakam yang sifatnya strategis.

Karenanya, Deni Gunawan sangat apresiasi kepada Bupati Bandung, Dadang Supriatna karena sangat kuat dukungannya. “Menurut saya baru periode bupati sekarang kebijakan terhadap RDTR itu kuat sekali, baik dari penganggaran itu bisa 4 kali lipat dari yang dulu. Kemarin kita dapat dan 1 sampai 1,5 miliar, tahun sekarang 7,5 miliar untuk menyusun RDTR. Dari tahun ke tahun meningkat,” tandasnya.

Hal ini, kata Gunawan, karena bupati merasa dengan banyaknya RDTR yang investasi makin gampang. “Dulu kan ngga, perlu berbulan-bulan untuk izin. Sekarang dalam hitungan hari izin bisa keluar,” jelasnya. *** Sopandi

Berita Terkait

Komentar

344d920b-801a-4dad-97e7-00209261eaf6
banner-iklan

Terpopuler

SANA SOPIANA
BANNER-2

Berita Terbaru