Senin, 16 September 2024

Lampaui Capaian Target JKN-KIS Bupati Bandung Raih Penghargaan UHC dari Pemerintah Pusat

8 Agustus 2024 07:10

INNews, Bandung – Bupati Bandung, Dadang Supriatna menerima penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Award dari Pemerintah Pusat sebagai pengakuan atas pencapaian dalam program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) – Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kamis (08/08/2024).

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin didampingi oleh beberapa pejabat tinggi, di antaranya Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Direktur Utama BPJS Kesehatan, serta Menteri-Menteri terkait di Krakatau Grand Ballroom TMII, Jakarta Timur.

Penghargaan ini diberikan atas prestasi Kabupaten Bandung yang berhasil melampaui target nasional (98%) dengan cakupan UHC mencapai 99,57%, meliputi 3.733.067 jiwa dari total 3.749.172 jiwa penduduk.

Bupati Dadang Supriatna mengaku merasa bangga atas capaian tersebut. “Terima kasih atas penghargaannya. Ini menjadi momen kami untuk terus berkomitmen meningkatkan akses layanan kesehatan masyarakat dan menjadi pertanda sebagai kepedulian kami untuk menjamin kesehatan masyarakat,” ujarnya usai menerima penghargaan.

Bupati juga berterima kasih kepada BPJS Kesehatan Cabang Soreang yang telah bekerja keras dalam mewujudkan program JKN, bersinergi dengan pemerintah daerah.

Dengan tercapainya UHC, fasilitas kesehatan di Kabupaten Bandung harus terus ditingkatkan. “Ke depan kami akan terus berupaya agar seluruh penduduk Kabupaten Bandung tetap terjamin akses layanan kesehatannya,” ujarnya.

Selain jaminan kesehatan, selama kepemimpinan Kang DS, telah ada lima RSUD baru di Kabupaten Bandung untuk mendekatkan akses masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan. Kelima RSUD tersebut tersebar di wilayah Arjasari, Pacira, Cimaung, Kertasari, dan Bojongsoang. Kelima fasilitas kesehatan tersebut dibangun untuk memenuhi kebutuhan 1.700 tempat rawat inap yang dibutuhkan masyarakat Kabupaten Bandung.

Wakil Presiden Ma’ruf Amin dalam sambutannya memberikan apresiasi tinggi atas upaya pemerintah daerah yang konsisten mendukung program JKN. Ia juga mengingatkan pentingnya peningkatan mutu layanan kesehatan melalui penyediaan fasilitas yang berkualitas dan merata.

“Saya berharap pemerintah daerah turut mendorong upaya peningkatan mutu layanan kesehatan,” tegasnya.

Dalam acara yang sama, Wapres Ma’ruf Amin memberikan penghargaan kepada 22 Provinsi, 334 Kabupaten dan Kota yang telah mendukung Program JKN-KIS. Ia juga menekankan pentingnya implementasi Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang menargetkan 98% penduduk terlindungi oleh program ini pada tahun 2024.

Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ali Ghufron Mukti, menyatakan komitmennya untuk memastikan setiap penduduk memiliki akses layanan kesehatan yang adil, merata, dan bermutu.

“BPJS Kesehatan terus memperluas akses layanan dan bekerja sama dengan fasilitas kesehatan untuk memastikan kualitas layanan yang sama di seluruh daerah,” ujar Ghufron.

Dengan kondisi finansial yang sehat, BPJS Kesehatan juga memastikan tidak adanya gagal bayar klaim kepada fasilitas kesehatan dan memberikan dukungan finansial untuk menjaga cashflow rumah sakit, sehingga layanan kepada peserta dapat diberikan tanpa hambatan.

Penghargaan ini adalah simbol keberhasilan dan dedikasi Kabupaten Bandung dalam memastikan setiap warganya mendapatkan layanan kesehatan yang layak dan berkualitas. Pemerintah Kabupaten Bandung berkomitmen untuk terus meningkatkan akses dan mutu layanan kesehatan demi kesejahteraan masyarakyat. *** d/yi

Berita Terkait

Komentar

344d920b-801a-4dad-97e7-00209261eaf6
banner-iklan

Terpopuler

SANA SOPIANA
BANNER-2

Berita Terbaru