Minggu, 23 Juni 2024

KPU Kabupaten Bandung Luncurkan Maskot Pilkada Surili Baja dan Baji

1 Juni 2024 08:51

INNews.com, Bandung – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung meluncrkan tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bandung Tahun 2024 di Jalan Al-Fathu Soreang Kabupaten Bandung, Jumat (31/5/2024) malam.

Ketua KPU Kabupaten Bandung, Syam Zamiat Nursyamsii menyebut peluncuran tahapan pemihan Bupati dan Wakil Bupati Bandung ini juga sekaligus peluncuran jingle dan maskot Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati Bandung Tahun 2024.

Syam Zamiat menuturkan, pihaknya melalui proses panjang yang melibatkan pihak independen, di antaranya dari Telekom University Bandung menilai jinggle dan maskot yang disaembarakan.

Maskot Pilkada Kabupaten Bandung itu kata Syam Zamiat adalah surili, hewan endmik asli pulau Jawa terutama Jawa Barat yang dilindungi pemerintah.

Syam menerangkan, pada tahun 2016 dan tahun 2022 surili pernah juga jadi maskot Pekan Olahraga Daerah (Porda). “Nah, hari ini KPU Kabupaten Bandung membuat maskot surili untuk mengedukasi kepada masyarakat Kabupatem Bandung bahwa surli itu hewan yang dilindungi dan wajib dilestarikan, ” katamya.

Surlli pada maskot KPU jelas Syam berpasangan. Yang jantan diberi nama Kang Baja dan pasangnnya Nyai Baji. ” Baja akronim dari Bandung Jawara dan Baji alkronim dari Bandung Ngahiji. Secara denotasi baja ini sebuah benda campuran dari beberapa unsur seperti mangaan, fosfor, hetrogen, alumunium, dan lainnya sehingga baja itu menjadi benda kuat, ” ujarnya.

Sedangkan Baji jelas Syam secara denotasi adalah sebuah pesawat sederhana yang banyak fungsinya. ” Baja dan Baji tidak bisa dipisahkan karena Bandung Jawara itu bisa terwujud dengan Bandung ngahiji, ” katanya.

Kabupaten Bandung bisa jawara menurut Syam, karena adanya ngahiji. “Ini sudah kita buktikan pada Pemilu kemarin. Kabupaten Bandung alhamdulillah sudah menyelenggarakan Pemilu dengan aman, lancar, tertib, sukses tanpa ekses karena ngahiji,” imbuhnya.

Syam Zamiat menjelaskan yang dimaksud ngajhijinya itu adalah bersatunya tim penyelenggara, mulai dari KPU dengan jajarannya kebawah, KPPS, dari Bawaslu sampai ke KPPS, dan juga pemerintah Kabupaten Bandung dengan TNI , Porlli, Kejaksaan dan semua elemen.

” Insyaalloh untuk pemilihan Bupat dan Wakil Bupati Bandung 2024 Bandung ngahiji itu akan kita buktikan lagi sehingga akan menjadikan Banding jawar.a, ” pungkas Syam Zamiat. *** Sopandi

Berita Terkait

Komentar

344d920b-801a-4dad-97e7-00209261eaf6
banner-iklan

Terpopuler

SANA SOPIANA
BANNER-2

Berita Terbaru