Senin, 16 September 2024

Kwarran Arjasari Gelar LT II 2024 Memupuk Persaudaraan dan Persatuan

14 Agustus 2024 02:51

INNews, Bandung – Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Arjasari menggelar Lomba Tingkat (LT) II di Villa Jugul, Desa Mekarjaya, Kecamatan Arjasari Kabupaten Bandung, 12-14 Agustus 2024. Kegiatan ini melibatkan seluruh gugus depan di ranting Arjasari.

Kak Kwaran Ali Alpurkon, S.Pd, didampingi
Ketua Panitia Heri Sumarli.S.Pd.SD.MS mengatakan, gerakan Pramuka sebagai wadah pendidikan informal setelah lingkungan keluarga dan sekolah bagi generasi muda sudah sepantasnya mendapat perhatian yang lebih baik dari generasi muda itu sendiri.

Oleh karena itu, dalam rangka menarik minat generasi muda dan memberitahukan kepada seluruh masyarakat bahwa gerakan Pramuka masih ada dan betul- betul merupakan sarana yang baik guna mendidik generasi muda agar siap menjadi generasi yang akan memimpin bangsa dan negeri tercinta ini maka digelar LT II Kwartir Ranting Arjasari.

LT II Kwartir Ranting Arjasari, menurut Ali Alpurkon sebagai salah satu cara Gerakan Pramuka untuk menggali dan mencari anggota Pramuka unggul yang cakap dan terampil dalam kegiatan kepramukaan merupakan salah satu cara yang dinilai akan efektif guna mencapai tujuan tersebut.

Ali Purkon menyebut, kegiatan yang berbentuk perlombaan itu dilaksanakan atas landasan prinsip-prinsip dasar metodik pendidikan kepramukaan dan digunakan untuk mengevaluasi serta meningkatkan kecakapan dan kemampuan para Pramuka Penggalang.

Para bindamping sedang mengikuti materi Survival dan Navigasi

Ali Purkon menandaskan ada 3 maksud dari kegiatan ini adalah: 1. Sebagai sarana untuk memilih regu terbaik guna mewakili Kwarran Arjasari dalam Lomba Tingkat III Kwarcab Kabupaten Bandung. Ke 2, sarana bagi Pramuka Penggalang untuk menunjukkan kecakapan dan keterampilan hasil dari kegiatan yang mereka laksanakan di gudep masing-masing, dan ke 3, sebagai sarana mempererat silaturahmi.

Intinya, kata Tujuan LT II adalah untuk membina dan mengembangkan penghayatan kode kehormatan yang berupa Janji Trisatya dan Dasadarma Pramuka, serta memupuk persaudaraan dan persatuan di kalangan para Pramuka Penggalang.

Ali Purkon menjelaskan, tema kegiatan LT II yakni: “ Membangun Regu Galang Bedas & Tangguh ” Tangguh akronim dari Tangkas, Guyub, Unggul dan Harmonis, dengan detail makna sebagai berikut:
1. Tangkas menggambarkan kemampuan untuk melakukan tugas dan mengatasi rintangan dengan baik.
2. Guyub menggambarkan suasana kebersamaan antar-anggota, antar regu, antar pasukan, dan antara peserta dengan pendamping pasukan walaupun berada dalam kegiatan yang bersifat kompetisi.
3. Unggul menggambarkan bahwa regu yang datang ini merupakan regu-regu yang telah dan ingin terus mengukir prestasi.
4. Harmonis menggambarkan suasana hubungan warga LT II ini dengan lingkungan sekitarnya, termasuk sifat adaptifnya terhadap perkembangan zaman dan keinginan pesertanya untuk berkontribusi pada kebhinnekaan global.

Ketua Panitia LT II Kawarran Arjasari Heri Sumarli.S.Pd.SD.MS mengebut, LT II diikuti oleh :
1. Pramuka Penggalang tingkat SD/MI dan SMP/MTs se Kwartir Ranting Arjasari
2. Jumlah peserta dari tiap-tiap regu sebanyak 8 orang, sehingga jumlah seluruh Pramuka jika mengikuti sebagai berikut
a) Pangkalan Sekolah Dasar (SD) : 48 x 2 regu x 8 Orang = 768 orang
b) Pangkalan Sekolah Menengah Pertama (SMP) : 14 x 2 regu x 8 orang = 224 Jumlah total 992 peserta. ***
Sopandi

Berita Terkait

Komentar

344d920b-801a-4dad-97e7-00209261eaf6
banner-iklan

Terpopuler

SANA SOPIANA
BANNER-2

Berita Terbaru