Kamis, 19 September 2024

FTBI SMP Tingkat Kabupaten Bandung Hari Ini Pertamakali Diselenggarakan Bidang PNF

19 September 2024 07:16
Pj Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung Bandung.

iNNews, Bandung – Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) jenjang SMP tingkat Kabupaten Bandung digelar di SMPN Pasirjambu 01, Kecamatan Pasirjambu Kabupaten Bandung, Kamis (19/9/2024).

FTBI yang dikuti oleh 112 orang peserta dari perwakilan SMP se Kabupaten Bandung ini dibuka oleh Plt Kepala Dinas Pendididikan Kabupaten Bandung, Dr. H. Marlan Nursyamsu.

Marlan, yang juga Inspektur Inspektorat Kabupaten Banudung mengatakan, FTBI ini
sesuai dengan salah satu program prioritas Bupati Bandung Dr. HM. Dadang Supriatna.

“Alhamdulillah, kegiatan ini dalam upaya melestarikan bahasa Sunda. Memang di Kurikulumnya ada beberapa indikator. Yang pertama pembelajaran di kelas sebagai konten subtansi bahasa Sunda. Yang kedua di praktek memang kita mengadakan kegitan-kegiatan yang menunjang terhadap kurikulum tersebut, ” ujar Marlan.

Ada 7 mata lomba dalam FTBI, menurut Marlan, sama dengan lomba-lomba lainnya seperti lomba olahraga , bahasa Inggris, fisika , Kimia. “Semuanya program-program bisa dilaksanakan klasikal atau di luar kelas , ataupun ada perlombaan-perlombaan yang untuk menunjang program, ” katanya.

Menurut Marlan kegiatan ini sangat penting karena bahasa Sunda mulai tergerus.
“Karena memang sistem informasi, konten-konten, templet-templet dalam segala bidang sudah menggunakan bahasa asing, jadi anak-anak itu lebih familiar dengan yang ada di templet-templet, di HP, dan internet. Bahasa Sunda ini kita harus dikembangkan jangan sampai punah, ” ujar Marlan.

Meski FTBI jenjang SMP ini untuk menyeleksi peserta yang akan mewakili Kabupaten Bandung di tingkat Jawa Barat, namun Menurut Marlan bukan target yang dikejar, tapi yang penting keikutsertaan keterlibatannya dalam melestarikan bahasa daerah.

Ketua Panitia Pelaksana FTBI tingkat Kabupaten Bandung, yang juga Kepala Bidang Pendidikan Non Formal (PNF) Disdik Kabupaten Bandung, Agus Derajat mengatakan, kegiatan FTBI tingkat SMP sama dengan tingkat SD, memperlombakan 7 mata lomba.

Ke 7 mata lomba tersebut yakni : 1 ngadongeng (bercerita), 2 biantara (pidato), 3 maca sajak (membaca sajak) 4 nembang pupuh (nembang) 5 ngarang carpon (mengarang cerita pendek), 6 maca jeung nulis aksara Sunda, dan 7 borangan (ngabodor sorangan).

Agus menyebut, FTBI baru tahun ini diselenggarakan oleh bidang PNF, sebelumnya oleh Budang SD dan SMP.

“Alasan dilaksanakan oleh PNF karena memang dalam aturan Perbup 82 dan 86 tahun 2023 itu mengisaratkan dalam nomenklatur-nya FTBI itu ada di bidang kesetaraan nonformal, PNF Dinas Pendidikan. Hanya, baru tahun ini dilaksanakan oleh bidang PNF, karena kita merubah dulu penyusunan programnya,” pungkas Agus. *** Sopandi

Berita Terkait

Komentar

344d920b-801a-4dad-97e7-00209261eaf6
banner-iklan

Terpopuler

SANA SOPIANA
BANNER-2

Berita Terbaru