Senin, 16 September 2024

Peran BUMDes Belum Maksimal, Bupati Bandung Serukan untuk Bangkit

5 September 2024 04:39

INNews, Bandung – Bupati Bandung Dadang Supriatna memberi arahan pada Sosialisasi Pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Sutan Raja Soreang, Kamis (6/9/2024).

Ia menyebut, dari jumlah 273 desa BUMDes yang dinyatakan sehat baru sekitar 5 persen. Padahal menurutnya potensi BUMDes sangat besar untuk dapat meningkatkan kemajuan perekonomian desa dan kesejahteraan masyarakat desanya.

Tadinya, kata Dadang Supriatna uang pinjaman modal bergulir tanpa jaminan dan tanpa bunga itu awalnya di Bumdes. “Tetapi setelah kita kroscek, ternyata baru 5 persen saja BUMDes yang sehat dari jumlah 273 desa,” katanya.

Padahal menurut bupati, dengan dibentuknya BUMDes diharapkan desa bisa mendapatkan penambahan pendapatan dan mampu mengelola potensi dari masing-masing desa.

Tujuan dibentuknya BUMDes seperti di atas, menurut Dadang Supriatna perlu duevaluasi.
“Jangan hanya gayanya saja di tiap desa ada Bumdes, tapi kemampuan dalam rangka membuat Kelompok Usaha Bersama (Kube) saja tidak mau. Bahkan posisi BUMDes kebanyakan kini malah cenderung merugi setiap tahunnya, ” katanya.

Dadang Supriatna mengaku, pihaknya mempersiapkan anggaran berapapun kebutuhan Bumdes. “Kita akan cover. Kita sudah menyimpan Rp70 miliar di BPR Kerta Raharja dan Bank bjb untuk program pinjaman dana bergulir tanpa bunga tanpa jaminan, silahkan kolaborasikan dengan BUMDes,” kata Dadang Supriatna.

Dadang Supriatna menambahkan, BUMDes diharapkan bisa berinovasi membuat program kerjasama dengan BUMD milik Pemkab Bandung yang lainnya selain BPR, baik dengan Perumda Air Minum Tirta Raharja untuk bidang air minum, maupun PT Bandung Daya Sentosa untuk bidang pertanian.

“Jadi, saya kira kalau berbicara masalah BUMDes, bisakah para pengurusnya itu mempunyai pemikiran-pemikiran dan karakter entrepreneur, punya pemikiran jadi pengusaha? Karena sampai saat ini jujur saya sampaikan, BUMDes ini peranannya belum ada yang maksimal,” ujar Dadang Supriatna.

Bupati Bedas ini berharap BUMDes betul-betul bisa diandalkan di desanya masing-masing.

“Jadi, berikanlah pengelolaan BUMDes ini kepada orang yang profesional. Ke depan kita akan lihat dan memberikan reward and punisment kepada BUMDes1. Bagi yang berprestasi kita berikan reward. Sebaliknya bagi yang mengecewakan kita berikan punishment, ” tandasnya.

Dadang Supriatna mengajak kepada seluruh pengurus BUMDes di Kabupaten Bandung, untuk sama-sama bangkit. *** Sopandi/Yi

Berita Terkait

Komentar

344d920b-801a-4dad-97e7-00209261eaf6
banner-iklan

Terpopuler

SANA SOPIANA
BANNER-2

Berita Terbaru