Jumat, 20 September 2024

GPTPN IX 2024 Sukses Digelar Pemkab Bandung Berterimakasih Atas Kepercayaan Kementrian Pertanian

29 Juli 2024 10:31

INNews.com, Bandung – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung dipercaya oleh Kementerian Pertanian menjadi tuan rumah Gebyar Perbenihan Tanaman Pangan Nasional (GPTPN) IX tahun 2024.

Giat tersebut digelar selama tiga hari, dari tanggal 27 Juli, dan dututup kemarin, 29 Juli 2024. GPTPN yang bertujuan mewujudkan kemandirian benih tanaman pangan untuk kedaulatan pangan menuju Indonesia Emas 2045 ini dilangsungkan di kawasan Gedong Budaya Soreang, kawasan PLUT (Pusat Layanan Usaha Terpadu) Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (KUKM) Soreang, Taman Lembayung Senja dan Dome Bale Rame Soreang Kabupaten Bandung.

Pemerintah Kabupaten Bandung berterima kasih kepada jajaran Kementerian Pertanian, Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan para stakeholder yang telah memberikan kepercayaan kepada Kabupaten Bandung sebagai tuan rumah.

GPTPN menyuguhkan gelar teknologi benih, tanaman pangan, sarasehan perbenihan, pameran produk pertanian, klinik konsultasi perbenihan, job fair industri benih, Bandung Bedas Coffee Festival dan donor darah, serta aneka perlombaan.

Pada penutupan GPTPN kemarin, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Bandung, Kawaludin mewakili Bupati Bandung Dadang Supriatna mengatakan, Pemkab Bandung melibatkan hampir semua OPD untuk kesuksesan pelaksanaan GPTPN ini.

Kawaludin menyebut manfaat dari pelaksanaan giat GPTPN itu, di antaranya menumbuhkan perekonomian dan pariwisata.

“Manfaatnya yakni meningkatkan pengetahuan teknologi perbenihan untuk kemajuan pertanian Kabupaten Bandung dan Nasional. Manfaat lainnya mempromosikan potensi Kabupaten Bandung,” katanya.

Ia berharap bekas demplot perbenihan agar dikembangkan lebih lanjut untuk dipertahankan jadi penangkaran perbenihan tanaman pangan.

“Sekaligus area wisata agro Kabupaten Bandung dan perlu dukungan juga dari Kementerian Pertanian dan Pemerintah Provinsi Jabar,” kata Kawaludin. *** Sopandi

Berita Terkait

Komentar

344d920b-801a-4dad-97e7-00209261eaf6
banner-iklan

Terpopuler

SANA SOPIANA
BANNER-2

Berita Terbaru