Kamis, 19 September 2024

Bupati Bandung Raih Penghargaan RAN PE Award 2024

19 Agustus 2024 05:39

INNews, Jakarta – Atas komitmen dan inisiatif dalam pelaksanaan Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Penanggulangan Ekstremisme Berbasis Kekerasan yang Mengarah pada Terorisme (RAN PE), Bupati Bandung, Dadang Supriatna menerima penghargaan RAN PE Award 2024.

Penghargaan ini diberikan langsung oleh Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin kepada Bupati Dadang Supriatna di The Westin Jakarta, Senin (19/08/2024).

Bukti dukungan Dadang Supriatna terhadap RAN PE ini ditunjukkan melalui kebijakan yang diambilnya melalui Peraturan Bupati Bandung Nomor 246 Tahun 2023 terkait Rencana Aksi Daerah untuk Pencegahan dan Penanggulangan Ekstremisme Berbasis Kekerasan yang Mengarah pada Terorisme.

Kebijakan tersebut mencakup berbagai inisiatif untuk menangani radikalisasi, mantan napi teroris (napiter), serta kelompok intoleran.

Selain itu, di bawah kepemimpinannya terjadi kerja sama yang kuat antara seluruh pemangku kepentingan di Kabupaten Bandung, termasuk aparat pemerintah, TNI, POLRI, organisasi masyarakat, dan masyarakat umum dalam implementasi RAN PE yang pelaksanaannya dikoordinatori oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Bandung.

Sebagai informasi, Kabupaten Bandung memiliki 34 mantan napiter serta puluhan kombatan lainnya dari berbagai kelompok yang berbeda. Namun, berkat upaya implementas RAN PE, Kabupaten Bandung berhasil melaksanakan cabut ba’iat bagi kelompok NII serta turut melembagakan para mantan NII dalam membangun NII Crisis Center dengan nama Yayasan Prabu.

Hal ini sekaligus membuktikan komitmen Kang DS dalam penanganan mantan anggota kelompok teroris.

Selama empat tahun pelaksanaan RAN PE (2020-2024) terlihat berbagai kemajuan yang signifikan, termasuk tercapainya target “Zero Terrorist Attack” pada 2023 dan meningkatnya koordinasi antara pemerintah dan masyarakat dalam pencegahan ekstremisme. Keberhasilan ini mencerminkan upaya berkelanjutan dalam melawan ancaman terorisme dan ekstremisme kekerasan di Indonesia.

Dengan penghargaan ini, Pemerintah Kabupaten Bandung diharapkan terus memimpin dan berkontribusi dalam upaya pencegahan ekstremisme dan terorisme, memperkuat ketahanan masyarakat dan mendorong sinergi yang lebih baik antara berbagai pihak.*** di/yi

Berita Terkait

Komentar

344d920b-801a-4dad-97e7-00209261eaf6
banner-iklan

Terpopuler

SANA SOPIANA
BANNER-2

Berita Terbaru