Senin, 16 September 2024

Banyak Anak Disabilitas di Kacamatan Pacet Bupati Bandung Minta Dokter di IDI Meneliti

28 Juli 2024 03:18

INNews.com, Bandung – Di Kecamatan Pacet Kabupaten Bandung tercatat ada 230 anak disabilitas. Menurut Bupati Bandung Dadang Supriatna jumlah itu termasuk banyak, sehingga ia mengaku merasa heran.

“Saya pikir perlu ada penelitian kenapa di kecamatan itu banyak anak disabilitas. Apakah faktor gen atau keturunan, atau faktor di saat kehamilan ibunya,” kata Bupati Bandung saat membuka Peringatan Hari Bakti Dokter Indonesia (HBDI) ke-116 Tingkat Kab Bandung di RSUD Otto Iskandar Di Nata, Soreang, Minggu (28/7/2024).

Bupati khawatir, jika ini dibiarkan, fenomena banyaknya anak disabilitas bisa merambah ke kecamatan lainnya, terutama di sekitar Kecamatan Pacet.

“Karena itu saya mohon bantuan dari para dokter yang tergabung dalam IDI Kabupaten Bandung untuk bisa meneliti dan mengkajinya,” kata Dadang Supriatna.

Menurut Dadang Supriatna, hal ini penting untuk mempersiapkan bonus demografi menyongsong Indonesia Emas 2045. Ia mengaki siap untuk berdiskusi, mencari apa penyebabnya, dan siap mensupport anggaran.

” Saya siap mensuport anggaran untuk apapun ide atau program yang sifatnya terjadi di masyarakat yang perlu ditindaklanjuti,” tutur Dadang Supriatna.

Dadang supriatna juga telah mengupayak ditambahnya Sekolah Luar Biasa (SLB) di Kabupaten Bandung, kendati SLB merupakan kewenangan Pemprov Jawa Barat.

“Bagaimana pun kami dari pemerintah daerah tidak bisa berdiam diri. Karena saya telah menjadi bupati yang harus melindungi dan mengayomi, serta memberikan apa yang menjadi hak dasar kebutuhan masyarakat Kabupaten Bandung sesuai peraturan perundangan yang berlaku,” terang Dadang.

Bupati Dadang Supriatna juga mengajak kepada seluruh dokter di seluruh Indonesia terutama di Kabupaten Bandung, untuk bersama-sama mempersiapkan diri menghadapi Indonesia Emas 2045.

“Di antaranya dengan peningkatan sumber daya manusia yang profesional dan paham tentang digitalisasi, juga riset dan pengembangan. Selain mewujudkan big data, institusi yang kuat dan pengelolaan keuangan yang baik,” pungkas Bupati. *** Sopandi

Berita Terkait

Komentar

344d920b-801a-4dad-97e7-00209261eaf6
banner-iklan

Terpopuler

SANA SOPIANA
BANNER-2

Berita Terbaru