Sabtu, 15 Juni 2024

Halal Bihalal dengan Puluhan Awak Media, BPR Kerta Raharja Sampaikan Dana Bergulir Bukan Hibah

26 April 2024 07:40

INNews.com, Bandung – Direksi Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Kerta Raharja Kabupaten Bandung menggelar halal bihalal dengan puluhan awak media cetak, eletronik dan online di salah satu rumah makan di Jalan Gading Tutuka, Soreang, Kamis (25/4/2024).

Direktur Utama BPR Kerta Raharja, Aep Hendar Cahyad mengatakan, halal bihalal ini bertujuan menjalin silaturahmi BPR dengan awak media sesuai dengan tema halal hihalal, yakni ‘Melalui Halal Bihalal Kita Jalin Kemitraan yang Harmonis antara Bank Perkreditan Rakyat Kerta Rahaja dengan Media.’.

Aep Hendar Cahyad menuturkan, utamanya terkait satu dari 13 program prioritas Bupati Bandung, Dadang Supriatana yakni pinjaman dana bergulir tanpa jaminan dan tanpa bunga, program tersebut harus dipahamkan kepada masyarakat bahwa itu bukan hibah. 

“Kalau hibah sekali lewat, tapi kalau dana bergulir ini BPR membina UMKM dan para pengusaha kecil yang notabene sudah terdampak oleh covid . Itulah solusi dari Pemkab Bandung yang diarahkan oleh Pak Bupati Bandung yang sangat Bedas,” kata Aep. 

Menurut Aep, pemahaman masyarakat yang mengangap pinjaman berguiir itu sebagai hibah harus dibantu oleh media supaya diinformasikan kepada masyarakat bahwa itu bukan hibah.

BPR Kerta Raharja, kata Aep hingga April 2024 ini sudah menyalurkan kredit bergulir kepada 26 ribu debitur dengan total dana mencapai Rp54 miliar. Puluhan ribu debitur tersebut berasal dari berbagai jenis usaha kecil dan menengah.

“Pinjaman bergulir untuk masyarakat itu bisa berkembang dari Rp 2 hingga Rp 500 juta. Karena pengusaha besar juga diawali dari yang kecil dulu, tdak langsung besar,” kata Aep. 

Menurut Aep, diawali 2 juta tanpa bunga, tanpa jaminan kalau lancar bisa sampai 5 juta. “Tetapi setelah 5 juta Pak Bupati akan memberikan lagi program Kurda (Kredit Usaha Rakyat Daerah). Mungkin bisa sampai Rp 500 juta, tetapi bunga bisa diset di bawah 5 persen. Artinya yang sisanya itu Pemkab akan memberikan lagi subsidi,” katanya. *** Sopandi

Berita Terkait

Komentar

344d920b-801a-4dad-97e7-00209261eaf6
banner-iklan

Terpopuler

SANA SOPIANA
BANNER-2

Berita Terbaru