Kamis, 19 September 2024

Dibuka Kabid PNF, Agus Deradjat, M.Pd., FTBI Jenjang SD Tingkat Kabupaten Bandung Digelar di SD Pasirjambu

18 September 2024 10:51

iNNews, Bandung – Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) Tahun 2024 jenjang SD tingkat Kabupaten Bandung digelar di SD Pasirjambu, Kecamatan Pasirjambu Kabupaten Bandung, Rabu (18/9/2024).

FTBI tingkat Kabupaten Bandung ini diikuti oleh 448 peserta, delegasi dari 31 Kecamatan SD se Kabupaten Bandung yang menjuarai FTB tingkat Kecamatan yang digelar beberapa bulan lalu.

FTBI ini mempertandingkan 7 mata lomba, yakni: 1 ngadongeng, 2 biantara, 3 maca sajak, 4 nembang pupuh, 5 maca sajak, 6 maca jeung nulis aksara Sunda, jeung 7 borangan (ngabodor sorangan).

FTBI jenjang SD tingkat Kabupaten Bandung ini dibuka oleh Kabid Pendidikan Non Formal (PNF) Kabupaten Bandung, Agus Deradjat, M.Pd mewakili Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung, Drs. H. Marlan Nursyamsi.

Agus Derajat mengatakan, FTBI ini merupakan sarana untuk mengapresiasi dan mengevaluasi pembelajaran bahasa dan sastra Sunda pada jenjang SD dan SMP.

Selain itu, FTBI merupakan sarana bagi bidang PNF Dinas Pendidikan untuk mengevaluasi program Revitalisasi Bahasa Daerah bagi penutur muda di Kabupaten Bandung.

Lembih lanjut Agus menuturkan, Kegiatan revitalisasi Bahasa Daerah Tahun 2024 merupakan bagian utama dari Program Merdeka Belajar Episode ke – 17 tentang Revitalisasi Bahasa Daerah yang telah diluncurkan oleh Menteri Pendidikan , Kebudayaan, Riset, dan Teknologi pada tanggal 22 Februari 2022.

Berdasarkan UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah , tanggung jawab pembinaan, pengembangan, perlindungan bahasa daerah berada pada pemerintah daerah baik provinsi maupun kabupaten/ kota.
FTBI tingkat Kabupaten ini, kata Agus untuk menyeleksi peserta yang akan diikutkan ke FTBI tingkat Provinsi Jawa Barat.

Agus menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan kegiatan FTBI di tingkat sekolah, kecamatan hingga tingkat kabupaten.

“Semoga upaya untuk merevitalisasi bahasa Sunda dapat berjalan lancar dan memberikan dampak positif bagi generasi muda,” pungkas Agus *** Sopandi

Berita Terkait

Komentar

344d920b-801a-4dad-97e7-00209261eaf6
banner-iklan

Terpopuler

SANA SOPIANA
BANNER-2

Berita Terbaru