Kamis, 19 September 2024

Bupati Bandung Sebut Berdirinya BLK Muslimat Bisa Bantu Kurangi Angka Pengangguran

5 Agustus 2024 12:50

INNews.com, Bandung – Bupati Bandung Dadang Supriatna meletakan batu pertama pembangunan Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas dari Pengurus Wilayah Muslimat Nahdlatul Ulama (PW Muslimat NU) Jawa Barat, di Desa Sumbersari Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung, Senin (5/8/2024).

Bupati Bandung menyambut baik dan mengaku merasa bangga dengan pembangunan gedung BLK Muslimat Jabar di atas lahan wakaf PW NU Jabar seluas 230 m2 di wilayah Kabupaten Bandung ini.

Hal ini karena, akan membantu mengurangi angka pengangguran. Bupati mengutip hadits Rasulullah, kadal fakru anyakuna kufran, kefakiran mendekati kekufuran, dalam konteks pengurangan angka pengangguran.

Bupati juga berharap dengan adanya gedung BLK Muslimat Jabar ini akan sangat bermanfaat bagi seluruh umat di Jawa Barat umumnya, Kabupaten Bandung pada khususnya.

“Saya sangat berbahagia, bangga dan bersukur, dengan kehadiran BLK Muslimat Jabar di Kabupaten Bandung ini. Karena saat ini memang perlu ada gerakan nyata terutama dari kaum ibu-ibu untuk profesional, kompeten dan memiliki keterampilan, khususnya di bidang tata busana,” kata Bulati Dadang Supriatna.

BLK Muslimat Jabar menurutnya akan menjadi suatu tempat yang bisa menjawab tantangan sumber daya manusia menghadapi visi Indonesia Emas 2045.

“Sekarang ini warga negara Indonesia kalau kita tidak mempersiapkan skill dan SDM yang profesional, akan menjadi suatu ancaman,” ujarnya.

Hadirnya BLK Muslimat Jabar, kata Dadang Supriatna nantinya bisa dikolaborasikan dengan program-program Pemkab Bandung, salah satunya program dana bergulir tanpa bunga tanpa jaminan.

“Kalau ibu-ibu sudah memiliki skill di bidang tata busana, perlu modal usaha, nanti bisa mengakses program pinjaman modal bergulir tanpa bunga dan tanpa jaminan. Program ini juga untuk menghindari warga Kabupaten Bandung terjebak oleh bank emok dan pinjol,” kata Dadang Supriatna.

Ketua Muslimat NU Jabar Ella Giri Komala menjelaskan pembangunan BLK Komunitas ini merupakan hibah dari Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) dengan anggaran sebesar Rp500 juta bersumber dari APBN.

Ella menghaturkan terima kasih kepada Bupati Bandung yang secara pribadi membantu pengurugan lahan dan pengeboran sumur artesis, juga instalasi listrik untuk pembangunagedung BLK ini.

“Ke depan BLK Muslimat Jabar ini dijadikan tempat untuk menampung kegiatan-kegiatan Muslimat NU Jabar di bidang pendidikan dan pelatihan serta mempersiapkan tenaga kerja bagi kaum perempuan,” pungkas Ella.*** Sopandi

Berita Terkait

Komentar

344d920b-801a-4dad-97e7-00209261eaf6
banner-iklan

Terpopuler

SANA SOPIANA
BANNER-2

Berita Terbaru