Jumat, 20 September 2024

Daftar Tunggu Hingga 20 Tahun, Bupati Minta Kemenag Tambah Kuota Haji Kabupaten Bandung

1 Agustus 2024 02:14

INNews.com, Bandung – Bupati Bandung Dadang Supriatna mengajukan tambahan kuota haji Kabupaten Bandung kepada Kementerian Agama (Kemenag), mulai tahun depan. Hal ini dilakukan mengingat daftar tunggu calon jemaah haji Kabupaten Bandung semakin panjang, mencapai rentang waktu 10 hingga 20 tahun.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Dadang Supriatna saat acara Do’a Bersama dan Evaluasi Penyelenggaraan Haji Tahun 2024 di Pondok Pesantren Darul Ma’arif, Kecamatan Margaasih, Kabupaten Bandung, Rabu (31/7/2024).

“Saya minta kepada Kanwil Kemenag Jawa Barat, tahun depan supaya kuota haji Kabupaten Bandung ditambah lagi. Sebab, waiting list (daftar tunggu) kami sudah 10 hingga 20 tahun,” ujar Bupati Dadang Supriatna.

Dadang Supriatna menyebut, tahun 2024 ini, kuota haji Kabupaten Bandung hanya 2.905 orang. Ia berharap Kepala Kanwil Kemenag Jawa Barat maupun Kemenag Kabupaten Bandung dapat memperjuangkan tambahan kuota haji mulai tahun 2025 untuk Kabupaten Bandung.

Terlebih, kata Dadang Supriatna, penduduk Kabupaten Bandung termasuk yang paling besar di Provinsi Jawa Barat, mencapai hampir 3,8 juta jiwa. Aimo masyarakat Kabupaten Bandung yang ingin melaksanakan ibadah haji terus meningkat dari tahun ke tahun.

“Kita do’akan Kanwil Kemenag Jawa Barat bisa memperjuangkan untuk menambah kuota haji Kabupaten Bandung,” katanya Dadang Supriatna.

Dengan penambahan kuota haji, menurut Dadang Supriatna akan berdampak langsung pada semakin pendeknya waktu daftar tunggu. Oleh karena itu, ia berharap usulannya dapat dikabulkan Kemenag RI.

Dadang Supriiatna berterimakasih dan mengapresiasi Kemenag, para petugas haji serta seluruh KBIH yang telah sukses menyelenggarakan pelayanan ibadah 2024.

Perwakilan KBIH Kabupaten Bandung yang juga Pimpinan Pondok Pesantren Darul Ma’arif KH Sofyan Yahya juga menyampaikan terimakasih kepada jajaran Kemenag, Pemkab Bandung serta kepada para petugas haji 2024.

Menurut KH Sofyan Yahya penyelenggaraan ibadah haji tahun 2024 ini berjalan lancar dan sukses. Ia juga mengapresiasi karena dari tahun ke tahun Kemenag selalu berupaya meningkatkan pelayanan haji Kabupaten Bandung.

“Saya tahu betul dan menyaksikan langsung, Kemenag selalu meningkatkan pelayanan haji. Kalau ada kekurangan satu dua, itu normal. Biasa saja. Mari kita benahi yang kurang itu,” ujar KH Sofyan Yahya.

Menurut KH. SofyanYahya, penyelenggaraan dan pelayanan haji tahun ini sukses. Atas nama seluruh KBIH ia menyampaikan terima kasih atas pelayanan Kemenag. “Kalau ada satu jemaah haji yang mabrur, semoga teman-teman Kemenag juga mendapat keberkahan,” katanya. *** di/yi

Berita Terkait

Komentar

344d920b-801a-4dad-97e7-00209261eaf6
banner-iklan

Terpopuler

SANA SOPIANA
BANNER-2

Berita Terbaru