Jumat, 20 September 2024

Rencananya untuk Koleksi Pameran Tunggal Lukisan ‘Pasar Kembang di Bali’ Karya R Cahyadi Penutup Akhir Bulan

31 Juli 2024 06:42

INNews.com, Bandung – Pasar Kembang di Bali, aklirik di atas kanvas 78 X 118 cm lukisan karya R Cahyadi sebagai karya penutup bulan Juli 2024.

R. Cahyadi menyebut, lukisan tersebut koleksi pribadi untuk pameran tunggal.
Namun, pengasuh komunitas perupa Gradasi ini belum mau menyebut kapan dan di mana pameran tunggal lukisan itu digelar.

“Ya ada rencana, tapi belum bisa disebut tempat dan waktunya, ” kata pemilik galeri Salaras, tempat berkarya dirinya dengan para pelukis di komunitas Gradasi, yang juga tempat tinggalnya Komplek Gading Tutuka Desa Cingcin, Kecamatan Soreang Kabupaten Bandung.

Lukisan Pasar kembang di Bali, kata Cahyadi salah satu karya yang akan dipamerkan nanti. “Lukisan ini bercerita suasana pasar kembang jaman dulu yang dikemas dengan teknik modern, terutama warna dan teknis kubisme sederhana,” katanya, Rabu (31/7/2024).

Menurut pria yang lahir di Bandung, 5 April 1965 ini untuk mengadakan pameran lukisan tunggal diperkukan minimal 40 karya lukis.

Cahyadi yang pernah kuliah di ITB, tahun 1990 tinggal di Jogya. Kemudian 6 tahun tinggal di Bali dari tahun 1991 sambil kuliah dan melukis di Ubud.

Lukisan akrilik ‘Pasar Kembang Bali’ karya R. Cahyadi

Cahyadi mengaku sejak tahun 2000 merasakan sebagai pelukis profesional. Sudah tidak terhitung mengikuti pameran lukisan bersama. Ia sering ke luar negeri. Pertama kali ke Malaysia, ia diundang ke sana dan hampir 3000 karya lukisnya dipesan di sana.

Jika terwujud tahun 2024 ini mengadakan pameran tunggal lukisan, maka ini pameran tunggal yang ketiga kalinya.

Sejak kelas 3 SD R. Cahyadi sudah memperlihatkan bakat melukis, dan mulai berkiprah dengan mengikuti lomba dalam event se Bandung Raya.

Tahun 1982, ketika masih duduk di bangku kelas 1 SMA N 3 Bandung, karena prestasinya R. Cahyadi mendapat beasiswa Jawaharlal Nehru Award untuk mengikuti pendidikan selama 3 bulan di India.

Darah seni melukis putera ke 6 dari 8 bersaudara keluarga Alm. RH. Rohadi Ganda Kusumah – Hj. Euis Siti Hasanah ini, mengalir dari keluarga yang memang seniman. Paman Cahyadi, Karnedi Nataatmaja seorang pelukis ternama di Bandung

Selain berkiprah di Malaysia, Cahyadi juga berkiprah di Singapore dan Myanmar. Setelah berdomisili di Kabupaten Bandung, sejak tahun 2000 di tahun 2014 Cahyadi mendirikan Komunitas Gradasi; Gerak Aksi Seni Rupa dan Sosial Independen.*** Sopandi

Berita Terkait

Komentar

344d920b-801a-4dad-97e7-00209261eaf6
banner-iklan

Terpopuler

SANA SOPIANA
BANNER-2

Berita Terbaru