Jumat, 18 Oktober 2024

Di Jambore Peringatan Hari Lingkungan Hidup Bupati Sebut Ingin 2 Tahun Mendatang Kabupaten Bandung Zero Waste

17 Juli 2024 01:53

INNews.com, Bandung – Bupati Bandung Dadang Supriatna mengatakan, selama 3 tahun kepemimpinannya kurang lebih ada 20 kegiatan yang berpihak kepada lingkungan hidup, di antaranya dengan adanya Gerakan Peduli Penanaman dan Pemeliharaan Pohon Kesayangan (Gepak Sayang).

Hal tersebut disampaikan Dadang Supriatna seusai membuka acara Jamborè Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2024 tingkat Kabupaten Bandung di Gedong Budaya Soreang, Rabu (17/7/2024).

Bupati Bandung yang didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Asep Kusumah juga mengutarakan, dengan telah dikeluarkannya intruksi Bupati Bandung Nomor 2 Tahun 2023 , yang mana setiap siswa sekolah baru untuk menanam 2 pohon kesayangan, bagi yang pasangan yang mau nikah ke KUA berpartisipasi menanam 2 pohon, yang memiliki kendaraan roda 2 menanam 7 buah pohon dan kendaraan rodan 4 sebanyak 25 pohon.

“Kalau ini dilakukan, akan terjadi pelestarian lingkungan dan menjadi budaya dan peradaban dalam rangka menyelesaikan masalah lingkungan, dan cita-cita saya dua tahun yang akan datang Kabupaten Bandung zero waste ini akan tercapai dengan kebersamaan, ” kata Dadang Supriatna.

Dadang Supriatna berharap, dengan penghargaan sekitar 83 penghargaan yang diberikan kepada elemen masyarakat dan perangkat daerah menjadi motivasi untuk lebih meningiatkan kecintaan terhadap lingkungan dan menjaganya.

Penghargaan dan apresiasi yang diserahkan pada acara tersebut, di antaranya kepada juara Lomba Puisi Lingkungan Tingkat SD, Juara Lomba Pidato Lingkungan Tingkat SMP, Juara Lomba Video Kreatif Lingkungan Katageri Umum dan Mahasiswa/ Pelajar, Kapala Perangkat Daerah, Camat dan Kepala Desa Inspiratif dan Kolaboratif, serta yang lainya.

Pada acara tersebut juga dilaunching Buku Pustaka Pohon (Pohon Endemik) karya tokoh pegiat lingkungan hidup Kabupaten Bandung, Eyang Memet. Selain itu, bergeser ke Bale Rame digelar juga berbagai kesenian Lodong Kockak, karinding di samping juga akuistik, serta beberapa stan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bandung, Asep Kusumah menyebut,
Jambore Lingkungan Tahun 2024 ini merupakan salah satu upaya Pemerintah Kabupaten Bandung bersama seluruh komponen masyarakat sekaligus menjadi wahana para pemangku kepentingan yang peduli lingkungan berkumpul, saling menginspirasi, dan menampilkan berbagai aksi, kreasi, dan inovasi. *** di/Ayi

Berita Terkait

Komentar